Muncul pesan "driver is unavailable" Pada Saat Install Printer Windows 10



Windows 10 adalah sistem operasi paling terbaru dari microsoft. Terkadang yang terbaru atau terupdate bukan menjadi salah satu yang terbaik, pasti setelah menggunakan operating sistem baru ini, ada kendala kendala baru yang belum ditemukan saat menggunakan sistem operasi sebelumnya, seperti windows 7, dan windows 8.

Driver suatu perangkat yang terhubung langsung di sistem operasi windows 10, secara default ada yang tidak support, bukan berarti windows 10 memili file driver yang lengkap dan support yang tertanam pada file sistem operasinya.

Contohnya printer, pada prinsip nya, driver paling terbaru di sistem operasi yang terbaru, harusnya hal ini cocok, karena sama sama terbaru. Muncul pesan "Driver is unavailable" saat driver selesai di install.

Setelah Driver terinstall lalu mencoba ke Device Manager, klik kanan pada printer, dan pilih Update Driver Software. Hasilnya tetap sama yaitu "
The best driver software for your device is already installed.". Padahal printernya masih belum sinkron atau drivernya masih bermasalah.



Bagaimana solusinya ?

Masalah seperti ini muncul ketika driver yang incompatibile. Disarankan menginstal dalam  Compatibility mode, kita periksa apakah ini jadi solusi.

Compatibility mode adalah mekanisme menggabungkan atau mempertemukan perangkat lunak versi lama dengan sistem operasi terbaru supaya dapat sinkron, ataupun sebaliknya. Caranya adalah :



1. Pergi ke Website Official untuk mendownload driver printer yang dipakai
2. TekanWindows + R maka muncul kotak "run" pencarian.
3. Ketik devmgmt.msc dan Enter.
4. Dibawah Driver, pilih expand, klik kanan driver printer lalu pilih Uninstall.
5. Tekan Confirm jika muncul.
6. Pergi ke lokasi direktori atau folder tempat kamu menyimpan driver yang didownload tadi, lalu pilih Properties.
7. Pilih lagi Compatibility Tab.
8. Lalu ceklis di Run this program in Compatibility mode dan pilih sistem operasi sebelumnya, misalkan windows 8 atau 7 atau windows xp
9. lalu install driver sebagaimana mestinya.

Artikel ini semoga dapat membantu pembaca yang kebetulan sedang memiliki masalah yang sama. Sekian terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »