Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit, Lebih Baik Pilih yang Mana Untuk Laptop / Komputer Saya?


Seringkali ketika hendak menginstall Windows, kamu merasa bingung apakah ingin memilih Windows 32-bit atau Windows 64-bit? Kamu merasa bingung versi Windows mana yang terbaik untuk PC atau Notebook kamu yang bisa memberikan performa yang maksimal.

Baik Windows 7, 8 maupun 10, Microsoft telah menyediakan versi 32 bit (x86) dan 64 bit (x64). Pada artikel ini akan di jelaskan apa sih perbedaan antara Windows 32bit dengan 64bit dan sebaiknya kamu pilih yang mana?

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit, Kelebihan dan Kekurangannya

1) Perbedaan 32 bit dengan 64 pada sistem komputer

Perbedaan signifikan sebenarnya adalah mengacu pada seberapa besar bit informasi yang bisa di jalankan/handel oleh sistem atau dalam hal ini CPU sebagai otak utama komputer. Nah dalam 1 bit itu ada 2 nilai komputasi yakni 0 dan 1, jadi Windows 32 bit mampu menampung hingga 64 nilai komputasi, sedangkan 64 bit mampu menghandel bit informasi hingga 4 kali lipat yakni 256 nilai komputasi.

2) Kecepatan akses dan pengerjaan tugas

Secara teori seharusnya Windows 64 bit dapat menjalankan tugas dengan lebih cepat dan lebih besar. Satu tugas yang di kerjakan oleh 64 bit harus dikerjakan 4 kali oleh 32 bit.

3) Dilihat dari segi penggunaan memory RAM

Perlu kamu ketahui bahwa 32 bit hanya bisa memaksimalkan penggunaan RAM hingga 4 GB saja, sedangkan 64 bit mampu mengoptimalkan RAM hingga 192 GB. Jadi ketika kamu memiliki RAM 8 GB sedangkan Windows kamu 32 bit maka bisa di katakan hanya terpakai 4 GB saja.
Jadi Windows 64 bit dengan kemampuan handel data bit yang lebih besar, maka penggunaan RAM menjadi lebih efektif.

4) Dari segi kompatibelitas aplikasi atau software

Windows 64 bit secara umum mampu menjalankan aplikasi 32 bit, sedangkan 32 bit tidak bisa menjalankan program aplikasi untuk 64 bit. Meskipun ada beberapa aplikasi juga yang hanya bisa di jalankan di 32 bit.

Lebih baik mana, Windows 32 bit atau 64 bit?

Karena 64 bit lebih baik, tak lantas kamu bisa langsung pilih Windows 64 bit. Kamu harus cek processor laptop atau komputer kamu suport 32 bit atau 64 bit? caranya buka Kontrol PanelSystem and SecuritySystem atau bisa langsung tekan Start kemudian ketikan System.

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit
Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Selain itu kamu juga di sarankan untuk memeriksa kapasitas RAM kamu, jika RAM kamu minimal 4 GB maka disarankan menggunakan 64 bit dengan catatan prosesor atau CPU kamu juga mendukung versi tersebut. Jika RAM kamu di bawah 4 GB maka sebaiknya pilih Windows 32 bit saja.

Nah itulah secara umum perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit. Jika ada penjelasan yang kurang jelas atau mungkin teman – teman ingin menambahkan informasi lainnya, silahkan luangkan komentar di bawah ini.

sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »