6 Tips Menjaga MacBook Dari Overheating

MacBook Pro membutuhkan banyak kipas pendingin, dan hal itu kurang efektif untuk digunakan secara rutin. Jika MacBook Anda juga rentan terhadap panas, ada tujuh cara agar MacBook tetap dingin.


1. Hindari Google Chrome


Apple mengatakan bahwa "ada beberapa aplikasi yang dapat menyebabkan prosesor bekerja terus menerus tidak pada semestinya dan mempengaruhi tingkat panas komputer tersebut. " . Chrome adalah aplikasi  yang paling banyak menggunakan daya CPU.
 

Ketika CPU MacBook Anda bekerja setiap waktu, maka kipas pendingin dapat mengusir panas. Untuk melihat aplikasi yang menggunakan sebagian sumber daya CPU, buka Activity Monitor  dan klik pada tab CPU. Dalam pengalaman saya, tersangka yang biasa selalu didalam daftar paling tertinggi persentasenya adalah Google Chrome Helper dan Google Chrome

Google Chrome di Mac
 
Mungkin solusinya adalah beralih ke Safari atau browser lain.


2. Menggunakan tab Google Chrome secara wajar

Terlepas dari browser yang Anda gunakan, jika semakin banyak tab yang dibuka, semakin banyak sumber daya sistem yang digunakannya.

Chrome memiliki alat yang berguna yang menunjukkan sumber daya CPU memori di setiap tab dan ekstensi yang digunakan. Untuk membuka Task Manager Chrome, klik tombol triple-dot di sebelah kanan URL bar Chrome, klik
More Tools dan kemudian Task Manager.
 


3. Close aplikasi yang berjalan pada Background

Misal, menggunakan MacBook Pro untuk membuka iTunes dan Foto pada waktu yang sama. Jadi solusinya, menggunakan iPhone atau perangkat smartphone lainnya untuk membuka musik atau layanan lainnya, itupun juga dibuka jika diperlukan saja. Mac memang bisa multitasking yang bagus, tetapi lama kelamaan tidak efektif jika menggunakannya terlalu lama



4. Perbaiki cara peletakan penggunaan MacBook


Membuka Macbook di atas sofa, menggunakan MacBook dan ditaruh di pangkuan atau perut tanpa kipas. Itu adalah pengguaan yang salah.

Hal itu mempengaruh kinerja MacBook, karena permukaan bidang tersebut tidak membuat kipas / heatsing macBook bekerja dengan sempurna.
 


5. Bersihkan Mac Anda

Maksudnya adalah membuat MacBook untuk bersih dari kotoran, debu yang mungkin telah menumpuk selama bertahun-tahun. Gunakan kompresor mini. Tujuannya adalah supaya celah celah  bersih, untuk pengaksesan aliran udara maksimum (efektif).


Bersihkan Mac dari debu yang bertebaran



6. Tetap Menjaga Update OS Mac

Apple merilis versi baru dari MacOS dan aplikasi sebagai upgrade gratis. Versi baru dari MacOS berisi peningkatan kinerja dan perbaikan keamanan untuk menjaga Mac Anda dingin, aman dan berjalan lancar.

Periksalah secara berkala, dengan tab Updates dari Mac App Store untuk update, dan tidak mengabaikan pemberitahuan pembaruan yang siap untuk diinstall.    

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »